Saturday , September 21 2024
Home / Berita Utama / Jalin Silahturahmi Kasat Lantas Megibung Dengan Tokoh Adat dan Pecalang Desa Sekardadi

Jalin Silahturahmi Kasat Lantas Megibung Dengan Tokoh Adat dan Pecalang Desa Sekardadi

Polda Bali, Polres Bangli – Megibung merupakan tradisi  yang dimiliki oleh beberapa warga adat yang ada di Bali. Megibung berasal dari kata Gibung yang diberi awalan Me – Gibung artinya kegiatan yang dilakukan banyak orang, yakni saling berbagi antara satu orang dengan yang lainnya.

Seperti yang terlihat pada tanggal 16 Januari 2020 siang di Desa Adat Sekardadi.  kegiatan megibung ini dilaksanakan serangkaian upacara pecaruan nangluk merana di Desa Adat Sekardadi.

Kasat lantas Polres Bangli AKP I NENGAH SONA,S.H. bersama Kanit Patroli pada saat upacara dimaksud  hadir memberikan pengamanan bersinergi dengan anggota Polsek Kintamani dan Babin Desa Sekardadi melaksanakan pengaturan buka tutup arus lalin di lokasi upacara ( jalan utama Kayuambua – Kintamani ) yang merupakan jalur wisata.

Setelah upacara pecaruan selesai, Kasat lantas beserta anggota yang melaksanakan pengamanan diundang oleh Prajuru Adat untuk megibung bersama menjalin silahturahmi bertempat di wantilan Desa Adat Sekardadi.

Sebelum acara megibung dimulai Kasat lantas memberikan sepatah duapatah kata terkait masalah keamanan dan keselamatan dalam berlalulintas di jalan raya. Pecalang juga dihimbau untuk selalu waspada menjaga keamanan dilingkungan Desa   Pekraman karena di wilayah hukum Polres Bangli pada bulan januari ini suda dua kali terjadi pencurian sepeda motor. Disamping itu diharapkan seluruh warga selalu siap siaga bencana mengantisipasi datangnya musim penghujan.

Check Also

Satreskrim Polres Bangli Serahkan Tersangka Tindak Pecurian Kepada Kejaksaan Negeri Bangli.

Polda Bali, Polres Bangli.   Satreskrim Polres Bangli Polda Bali melalui Unit 1 Sat Reskrim, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *